Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan

No Profil Lulusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
P1

 

Guru PAUD

 

Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjuPPan sikap Islami
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 MenunjuPPan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10 Mengimplementasikan pedoman kehidupan Islami dalam lingkup kehidupan pribadi, keluarga, profesi, masyarakat, warga negara
Keterampilan Umum
KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 2 Mampu menunjuPPan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
KU 4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU 6 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU 7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU 10 Menguasai aplikasi komputer dan teknologi informasi untuk mendukung pekerjaan
Keterampilan Khusus
KK 1 Mampu melakukan proses pembelajaran secara berkualitas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kepada anak usia dini
KK 2 Mampu memberikan stimulasi dan motivasi untuk pengembangan potensi anak usia dini
KK 3 Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
KK 4 Menerapkan TIK dalam perencanaan, penyelenggaraan, evaluasi dan pengelolaan pembelajaran  anak usia dini
KK 5 Mampu memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan hasil pembelajaran
KK 6 Mampu berkreasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang yang dapat mengembangkan potensi anak usia dini
KK 7 Mampu berinovasi sesuai dengan perkembangan IPTEK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
KK 8 Mampu mengembangkan dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
KK 9 Mampu mengelola dan mengembangkan lembaga PAUD
KK 10 Memiliki ketrampilan dalam menyelenggarakan administrasi lembaga PAUD
KK 11 Mampu mempimpin program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD
KK 12 Mampu melakukan komunikasi efektif kepada peserta didik, rekan sejawat, pimpinan, orang tua, dan masyarakat
KK 13 Mampu melakukan penelitian dan mengaplikasikan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran berbasis nilai-nilai Keislaman, Kemuhammadiyahan/ Keasyiyahan
  KK 14 Memidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran anak usia dini
KK 15 Mengembangkan kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis bermain
KK 16 Memiliki kemampuan berolah seni
KK 17 Menerapkan perawatan dan pengasuhan anak usia dini
KK 18 Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan lembaga PAUD
KK 19 Memiliki kemampuan identifikasi anak kebetuhan khusus
KK 20 Mampu merencanakan, menyelenggarakan dan mengevaluasi pembelajaran pada PAUD Inklusi
Pengetahuan
PP 1 Menguasai landasan filosofis, kultural, sosiologis,historis, yuridis, psikologis, dan empiris dalam PAUD
PP 2 Menguasai secara mendalam konsep dan teori perkembangan anak usia dini untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran
PP 3 Menguasai konsep pendidikan anak usia dini berdasarkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan/Keaisyiahan
PP 4 Menguasai teori, instrumentasi, dan praktek psikologi pendidikan dan bimbingan di PAUD
  PP 5 Menguasai teori belajar dan pembelajaran serta metodologi pendidikan anak usia dini
PP 6 Menguasai teori dan penerapan kurikulum pendidikan anak usia dini
PP 7 Menguasai teori dan model manajemen dalam pendidikan anak usia dini
PP 8 Menguasai teori dan implementasi sistem administrasi
dalam lembaga PAUD
PP 9 Menguasai teori dan implementasi kerjasama dengan orang tua dan masyarakat
PP 10 Menguasai teori penggunaan berbagai sumber belajar berbasis IPTEK.
PP 11 Menguasai teknik-teknik dalam berkomunikasi kepada peserta didik, orang tua, rekan sejawat, pimpinan dan
masyarakat
PP 12 Menguasai metodologi dan teknik serta implementasi penelitian bidang PAUD.
PP 13 Mampu mengelola penyelenggaraan lembaga PAUD secara profesional
PP 14 Mampu menyelenggarakan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus
P2 Pengelola Lembaga PAUD Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjuPPan sikap Islami
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 MenunjuPPan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10 Mengimplementasikan pedoman kehidupan Islami dalam lingkup kehidupan pribadi, keluarga, profesi, masyarakat, warga negara
Keterampilan Umum
KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 2 Mampu menunjuPPan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
KU 4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU 6 Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU 7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU 10 Menguasai aplikasi komputer dan teknologi informasi untuk mendukung pekerjaan
Keterampilan Khusus
KK 1 Mampu melakukan proses pembelajaran secara berkualitas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kepada anak usia dini
KK 2 Mampu memberikan stimulasi dan motivasi untuk pengembangan potensi anak usia dini
KK 3 Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
KK 4 Menerapkan TIK dalam perencanaan, penyelenggaraan, evaluasi dan pengelolaan pembelajaran  anak usia dini
KK 5 Mampu memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan hasil pembelajaran
KK 6 Mampu berkreasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang yang dapat mengembangkan potensi anak usia dini
KK 7 Mampu berinovasi sesuai dengan perkembangan IPTEK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
KK 8 Mampu mengembangkan dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
KK 9 Mampu mengelola dan mengembangkan lembaga PAUD
KK 10 Memiliki ketrampilan dalam menyelenggarakan administrasi lembaga PAUD
KK 11 Mampu mempimpin program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD
KK 12 Mampu melakukan komunikasi efektif kepada peserta didik, rekan sejawat, pimpinan, orang tua, dan masyarakat
KK 13 Mampu melakukan penelitian dan mengaplikasikan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran berbasis nilai-nilai Keislaman, Kemuhammadiyahan/ Keasyiyahan
  KK 14 Memidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran anak usia dini
KK 15 Mengembangkan kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis bermain
KK 16 Memiliki kemampuan berolah seni
KK 17 Menerapkan perawatan dan pengasuhan anak usia dini
KK 18 Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan lembaga PAUD
KK 19 Memiliki kemampuan identifikasi anak kebetuhan khusus
KK 20 Mampu merencanakan, menyelenggarakan dan mengevaluasi pembelajaran pada PAUD Inklusi
Pengetahuan
PP 1 Menguasai landasan filosofis, kultural, sosiologis,historis, yuridis, psikologis, dan empiris dalam PAUD
PP 2 Menguasai secara mendalam konsep dan teori perkembangan anak usia dini untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran
PP 3 Menguasai konsep pendidikan anak usia dini berdasarkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan/Keaisyiahan
PP 4 Menguasai teori, instrumentasi, dan praktek psikologi pendidikan dan bimbingan di PAUD
  PP 5 Menguasai teori belajar dan pembelajaran serta metodologi pendidikan anak usia dini
PP 6 Menguasai teori dan penerapan kurikulum pendidikan anak usia dini
PP 7 Menguasai teori dan model manajemen dalam pendidikan anak usia dini
PP 8 Menguasai teori dan implementasi sistem administrasi
dalam lembaga PAUD
PP 9 Menguasai teori dan implementasi kerjasama dengan orang tua dan masyarakat
PP 10 Menguasai teori penggunaan berbagai sumber belajar berbasis IPTEK.
PP 11 Menguasai teknik-teknik dalam berkomunikasi kepada peserta didik, orang tua, rekan sejawat, pimpinan dan
masyarakat
PP 12 Menguasai metodologi dan teknik serta implementasi penelitian bidang PAUD.
PP 13 Mampu mengelola penyelenggaraan lembaga PAUD secara profesional
PP 14 Mampu menyelenggarakan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus