project

Project-Based Center Learning Model untuk Mengoptimalkan Pendidikan Anak Usia Dini

paud.umsida.ac.id – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu fondasi penting dalam membangun karakter dan kecerdasan anak. Dr Luluk Iffatur Rocmah MPd melalui penelitiannya di Aisyiyah 4 Pondok Jati Kindergarten, Sidoarjo membuktikan keberhasilannya dalam menerapkan center learning model atau model pembelajaran sentra, yang terbukti efektif dalam mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini.

Project-Based Center Learning Model

Model pembelajaran sentra, yang juga dikenal dengan Beyond Center and Circle Time (BCCT), adalah pendekatan yang menempatkan anak sebagai pusat pembelajaran melalui berbagai kegiatan bermain. Model ini pertama kali dikembangkan oleh Dr. Helen Parkhurst melalui sistem sekolah Dalton. Di Aisyiyah 4 Pondok Jati, model ini diterapkan dalam lima sentra utama: Sentra Imtaq, Sentra Persiapan, Sentra Balok, Sentra Bahan Alam, dan Sentra Bermain Peran.

“Model pembelajaran sentra memfasilitasi anak untuk bermain sambil belajar, sehingga mereka dapat mengeksplorasi potensi dengan cara yang menyenangkan,” ujar salah satu guru di TK tersebut.

Penerapan Project-Based Center Learning Model

project

Proses pembelajaran sentra dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu:

  1. Lingkungan Bermain: Guru menyiapkan bahan bermain sesuai sentra yang dibuka.
  2. Pendahuluan: Anak-anak diajak berdoa, mendengarkan cerita, dan memahami aturan bermain.
  3. Saat Bermain: Anak diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi permainan sesuai tema yang ditentukan, seperti membuat kapal dari balok atau merangkai kata.
  4. Penutupan: Anak-anak diajak untuk merefleksikan pengalaman mereka selama bermain.

“Setiap tahapan dirancang untuk merangsang perkembangan anak, mulai dari kognitif, sosial, hingga motorik,” tambah guru tersebut.

Hasil dan Dampak Penerapannya

Hasil penerapan model pembelajaran sentra di Aisyiyah 4 Pondok Jati menunjukkan perkembangan signifikan pada berbagai aspek kecerdasan anak. Menurut hasil observasi, anak-anak tidak hanya lebih mandiri tetapi juga lebih aktif dalam berinteraksi dengan lingkungan. Mereka mampu mengaitkan pengetahuan yang didapatkan di sekolah dengan kehidupan sehari-hari.

“Anak-anak menjadi lebih percaya diri dan kreatif dalam mengungkapkan ide mereka,” ujar seorang guru lainnya.

Tantangan dan Harapan

project

Meskipun terbukti efektif, penerapan model ini juga menghadapi tantangan. Salah satu hambatan utama adalah kebutuhan waktu yang lebih lama dalam persiapan dan pelaksanaan. Guru juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif.

“Harapan kami, model pembelajaran ini bisa menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini,” kata guru tersebut.

Dengan keberhasilan ini, model pembelajaran sentra diharapkan dapat terus diadopsi dan dikembangkan, sehingga memberikan manfaat yang lebih luas bagi pendidikan anak usia dini di Indonesia.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

lomba
Lomba Mewarnai FPIP Edu Fair 2025 Semarakkan Kreativitas Anak
March 21, 2025By
Menanti Lomba Fashion Show Anak SMP dan Sederajat di FPIP Edu Fair 2025
March 11, 2025By
motivasi
Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PG PAUD melalui Nutrisi Sarapan dan Konsentrasi Belajar
February 26, 2025By
paud
Mahasiswa PG PAUD Umsida Ikuti KKN Alternatif di Flores, Sosialisasi Kampus hingga Pengabdian Masyarakat Masih Berlangsung
February 22, 2025By
kemampuan
Peningkatan Kemampuan Mengingat Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Spinning Wheel Game
February 19, 2025By
paud
Pentingnya PAUD dalam Mengoptimalkan Potensi Anak Sejak Dini
February 5, 2025By
anak
Penerapan Disiplin pada Anak Usia Dini: Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa
January 31, 2025By
wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By

Prestasi

wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By
Kecintaan Permainan Tradisional Membawa PG PAUD UMSIDA raih Kejuaraan Tari
December 16, 2020By
Kreasi Membawa Prestasi, Mahakarya “Tari Rajungan” berjaya di dua Kompetisi
October 1, 2019By