Whole Brain Teaching

Model Whole Brain Teaching Tingkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

paud.umsida.ac.id –  Penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Dr. Choirun Nisak Aulina, M.Pd dan tim dari Universitas Negeri Surabaya mengungkapkan bahwa model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) mampu meningkatkan keterampilan sosial siswa usia dini secara signifikan. Studi ini dilakukan di beberapa lembaga TK di Sidoarjo dan dipublikasikan dalam International Journal of Recent Educational Research (IJORER) Volume 5 Nomor 5 edisi September 2024.

Mengapa Whole Brain Teaching Diperlukan?

Penelitian ini menjawab persoalan yang selama ini menghambat perkembangan keterampilan sosial anak usia dini, seperti minimnya pelatihan guru, keterbatasan sarana pendidikan, hingga ketimpangan akses antar wilayah. “Anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah cenderung mengalami kesenjangan akses fasilitas pendidikan yang berdampak langsung pada keterampilan sosial mereka,” ungkap Dr. Nisak dalam penjelasannya.

Keterampilan sosial sendiri merupakan faktor penting dalam pembentukan karakter anak, mulai dari empati, kerja sama, hingga pengelolaan emosi. Tanpa pembinaan yang tepat, anak cenderung mengalami hambatan dalam interaksi sosial dan proses adaptasi, bahkan hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Melalui pendekatan menyeluruh yang mencakup stimulasi otak kiri dan kanan secara bersamaan, model WBT diyakini mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan mendorong keterlibatan emosional serta kognitif siswa.

Bagaimana Penelitian Ini Dilakukan?

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one-group pretest-posttest. Peneliti melibatkan 60 siswa dari TK Darussalam Candi, Thoriqussalam, dan Masyitoh di Kabupaten Sidoarjo. Anak-anak tersebut diuji kemampuan sosialnya sebelum dan sesudah intervensi pembelajaran menggunakan WBT.

Adapun keterampilan sosial yang diukur meliputi lima dimensi utama: keterampilan hubungan teman sebaya, pengendalian diri, keterampilan akademik, kepatuhan, dan keberanian menyampaikan pendapat (assertion). “Kami menggunakan instrumen kuesioner terstandar dan hasilnya dianalisis dengan bantuan SPSS versi 23,” jelas Fajar Arianto, rekan peneliti sekaligus penulis koresponden dalam studi ini.

Hasilnya menunjukkan peningkatan skor rata-rata yang signifikan pada seluruh dimensi: hubungan teman sebaya meningkat 1,62 poin, pengendalian diri 1,52 poin, akademik 1,58 poin, kepatuhan 1,82 poin, dan keberanian menyampaikan pendapat sebesar 1,53 poin.

Uji paired sample t-test menunjukkan bahwa seluruh hasil tersebut signifikan secara statistik dengan nilai p-value < 0,05. “Artinya, model WBT secara nyata mampu meningkatkan keterampilan sosial anak,” tegas Nisak.

Apa Implikasi Model Ini untuk Pendidikan Anak Usia Dini?

Hasil studi ini menegaskan bahwa model Whole Brain Teaching tidak hanya berdampak pada pencapaian akademik, tetapi juga mendukung pembentukan karakter anak. Teknik-teknik seperti “Class-Yes” untuk membangun kontrol diri dan kedisiplinan, hingga “Teach-Okay” untuk memperkuat keterampilan komunikasi dan empati, terbukti efektif diterapkan pada anak usia dini.

“WBT itu aktif, menyenangkan, dan inklusif. Ini penting untuk anak-anak yang sedang dalam fase membangun jati diri sosial dan emosional,” kata Siti Masitoh, salah satu anggota tim peneliti.

Selain itu, penelitian ini juga merekomendasikan pentingnya pelatihan guru secara menyeluruh agar dapat menerapkan WBT secara optimal. “Model ini membutuhkan guru yang bukan hanya terlatih secara pedagogik, tetapi juga mampu menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan reflektif,” tambahnya.

Dengan fokus pada pendidikan karakter dan keterampilan hidup, penerapan WBT sangat sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini secara holistik. “Kami berharap hasil riset ini dapat menjadi rujukan bagi lembaga PAUD dan pengambil kebijakan pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif,” tutup Nisak.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

PAUD
Pendampingan Pos PAUD Tingkatkan Kualitas Pembelajaran dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini
July 15, 2025By
Usia Dini
Penguatan Literasi dan Inklusi Keuangan Anak Usia Dini melalui Metode Project Learning
July 8, 2025By
Prodi PG PAUD Umsida Gelar Kuliah Umum Dorong Transformasi Pembelajaran Anak Usia Dini Lewat Inkuiri dan Deep Learning
July 4, 2025By
Pentas seni
Perpisahan dan Pentas Seni KB/TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Wonoayu: Momen Spesial Anak-anak dan Mahasiswa MBKM UMSIDA
June 24, 2025By
APE
APE Kreatif Anak Aktif Mahasiswa PG PAUD Umsida Gali Potensi Lewat Praktik Lapangan
June 20, 2025By
PAUD
Mahasiswa PG PAUD Umsida Tampilkan Kreativitas dalam Pengembangan Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini
June 16, 2025By
bermain peran
Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun 
June 13, 2025By
Desain E-Learning
Penerapan Desain E-Learning Konstruktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Anak Usia Dini
June 10, 2025By

Prestasi

wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By
Kecintaan Permainan Tradisional Membawa PG PAUD UMSIDA raih Kejuaraan Tari
December 16, 2020By
Kreasi Membawa Prestasi, Mahakarya “Tari Rajungan” berjaya di dua Kompetisi
October 1, 2019By