bermain peran

Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun 

paud.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Agus Salim MPd yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), bersama rekan peneliti Eni Wahyuni ini mengkaji penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan percaya diri pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya tingkat percaya diri pada sebagian besar anak kelompok B di sekolah tersebut, yang tercatat mencapai 52,45%.

Langkah-Langkah Penerapan Bermain Peran dalam Kelas

bermain peran

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, kegiatan bermain peran dengan tema profesi dan binatang dilaksanakan, dan hasilnya menunjukkan peningkatan sebesar 74% dalam hal percaya diri anak. Pada siklus kedua, penelitian melanjutkan dengan tema yang lebih bervariasi seperti alat transportasi dan hari kemerdekaan, serta memperpanjang waktu kegiatan untuk lebih menarik minat anak. Hasil dari siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan, yaitu sebesar 85,29%. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang semuanya mengarah pada peningkatan rasa percaya diri anak dalam berbagai aspek, seperti berani tampil di depan umum, mau memimpin kegiatan, dan mengungkapkan pendapat.

Dampak Positif Bermain Peran terhadap Percaya Diri Anak

Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran tidak hanya meningkatkan percaya diri anak tetapi juga membantu mereka mengembangkan kemampuan sosial emosional, seperti kerja sama dan pengambilan keputusan. Melalui metode bermain peran, anak-anak dapat belajar mengenal peran mereka dalam berbagai situasi, seperti menjadi pemimpin atau menyelesaikan masalah bersama teman-temannya. Metode ini terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa percaya diri yang diperlukan bagi perkembangan anak, yang dapat membantu mereka dalam menghadapi tantangan di kehidupan sosial mereka. Oleh karena itu, penerapan metode bermain peran ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang kegiatan yang mendukung pengembangan karakter dan keterampilan sosial anak usia dini.

Bermain Peran sebagai Solusi untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak PAUD

bermain peran

Melalui penerapan metode bermain peran, penelitian ini berhasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage. Dengan peningkatan yang tercatat sebesar 85,29% pada siklus kedua, metode ini terbukti efektif dalam membantu anak-anak berani tampil, memimpin, dan mengungkapkan pendapat mereka dengan lebih percaya diri. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi para pendidik di bidang PAUD untuk mengembangkan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan sosial dan percaya diri anak, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan pribadi mereka.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Sentra Dorong Kreativitas dan Perkembangan Anak Usia Dini
August 13, 2025By
Pembelajaran Berdiferensiasi
Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini
August 8, 2025By
Wisudawan Berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 5, 2025By
pgpaud
Harmonisasi PGPAUD Umsida: Bangun Jiwa Kepemimpinan, Rawat Solidaritas, Ciptakan Kreativitas Menuju HIMA yang Berseri
August 1, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGPAUD Umsida Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Malang Champions 5 2025
July 29, 2025By
Motorik Halus
Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Bermain Pasir Ajaib di KB Permata Sunnah Sidoarjo
July 25, 2025By
pembelajaran fiqih
Implementasi Mind Mapping pada Pembelajaran Fiqih Berbasis Kurikulum Timur Tengah di MBS A.R. Fachruddin Yogyakarta
July 22, 2025By
pelatihan guru
Inovasi Pelatihan Guru untuk Meningkatkan Pendidikan Inklusi di Sekolah
July 18, 2025By

Prestasi

Wisudawan Berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 5, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGPAUD Umsida Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Malang Champions 5 2025
July 29, 2025By
wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By