bermain peran

Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun 

paud.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Agus Salim MPd yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), bersama rekan peneliti Eni Wahyuni ini mengkaji penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan percaya diri pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya tingkat percaya diri pada sebagian besar anak kelompok B di sekolah tersebut, yang tercatat mencapai 52,45%.

Langkah-Langkah Penerapan Bermain Peran dalam Kelas

bermain peran

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, kegiatan bermain peran dengan tema profesi dan binatang dilaksanakan, dan hasilnya menunjukkan peningkatan sebesar 74% dalam hal percaya diri anak. Pada siklus kedua, penelitian melanjutkan dengan tema yang lebih bervariasi seperti alat transportasi dan hari kemerdekaan, serta memperpanjang waktu kegiatan untuk lebih menarik minat anak. Hasil dari siklus kedua menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan, yaitu sebesar 85,29%. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang semuanya mengarah pada peningkatan rasa percaya diri anak dalam berbagai aspek, seperti berani tampil di depan umum, mau memimpin kegiatan, dan mengungkapkan pendapat.

Dampak Positif Bermain Peran terhadap Percaya Diri Anak

Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran tidak hanya meningkatkan percaya diri anak tetapi juga membantu mereka mengembangkan kemampuan sosial emosional, seperti kerja sama dan pengambilan keputusan. Melalui metode bermain peran, anak-anak dapat belajar mengenal peran mereka dalam berbagai situasi, seperti menjadi pemimpin atau menyelesaikan masalah bersama teman-temannya. Metode ini terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa percaya diri yang diperlukan bagi perkembangan anak, yang dapat membantu mereka dalam menghadapi tantangan di kehidupan sosial mereka. Oleh karena itu, penerapan metode bermain peran ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang kegiatan yang mendukung pengembangan karakter dan keterampilan sosial anak usia dini.

Bermain Peran sebagai Solusi untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak PAUD

bermain peran

Melalui penerapan metode bermain peran, penelitian ini berhasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Wage. Dengan peningkatan yang tercatat sebesar 85,29% pada siklus kedua, metode ini terbukti efektif dalam membantu anak-anak berani tampil, memimpin, dan mengungkapkan pendapat mereka dengan lebih percaya diri. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi para pendidik di bidang PAUD untuk mengembangkan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan sosial dan percaya diri anak, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan pribadi mereka.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

TK Islam Al-Faqih
TK Islam Al-Faqih Tumbuhkan Karakter Anak Lewat Seni, Ibadah, dan Aktivitas Fisik
October 7, 2025By
PLP II
Program PLP II Mahasiswa PGPAUD Umsida di TK Aisyiyah 1 Candi Jadi Sarana Mengasah Kompetensi
October 3, 2025By
Permainan Konstruktif
Permainan Konstruktif Asah Kognitif dan Kreativitas Anak TK Aisyiyah Sambiroto
September 30, 2025By
disiplin
Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini di Umsida: Menghindari Kekerasan, Meningkatkan Kesadaran Diri
September 26, 2025By
Efektivitas Model Flipped Classroom dalam Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran di Umsida
September 23, 2025By
lulusan pg-paud
Profil Lulusan PG-PAUD Umsida: Siapkan Guru dan Pengembang Pendidikan Anak Usia Dini
September 19, 2025By
Prodi PGPAUD
Prodi PGPAUD Umsida Siapkan Pendidik Anak Usia Dini Profesional Berkarakter Islami
September 16, 2025By
pgpaud
Prodi PGPAUD Umsida, Begini Sejarah dan Perkembangan!
September 12, 2025By

Prestasi

putri
Putri Az-Zahra, Mahasiswa PGPAUD Raih Juara di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 5, 2025By
Wisudawan Berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 5, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGPAUD Umsida Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Malang Champions 5 2025
July 29, 2025By
wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By