paud.umsida.ac.id — Pada hari Senin (16/06/2025), seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) khususnya yang semester 4 mengikuti kegiatan praktik mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini. Kegiatan ini menjadi ajang unjuk kreativitas mahasiswa dalam merancang dan mempresentasikan media pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif untuk anak usia dini.
Fokus kegiatan kali ini adalah pengembangan pembelajaran konsep pengukuran waktu serta pengukuran panjang dan berat. Mahasiswa diminta untuk merancang Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai media utama dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa mempresentasikan hasil rancangan media mereka secara bergiliran. Mereka juga melakukan simulasi praktik mengajar dengan menggunakan APE yang telah dirancang. Beberapa media yang ditampilkan antara lain jam mainan dari bahan bekas, timbangan buatan, hingga permainan ular tangga yang dimodifikasi untuk mengenalkan konsep waktu dan berat.
“Melalui kegiatan ini, kita tidak hanya belajar teori, tapi juga mempraktikkannya secara langsung. Kita belajar bagaimana mengenalkan konsep berat, panjang, dan waktu dengan cara yang bisa dipahami dan disukai anak-anak,” ujar Silvia, salah satu mahasiswa PG PAUD.
Selain menjadi ajang praktik, kegiatan ini juga menekankan pentingnya penggunaan media yang sesuai dengan aspek perkembangan anak, baik dari sisi kognitif, motorik, maupun sosial emosional.
Dengan kegiatan ini, mahasiswa PG PAUD semester 4 membuktikan bahwa matematika tidak harus diajarkan dengan cara yang kaku. Melalui media yang kreatif dan permainan yang menyenangkan, konsep konsep dasar matematika dapat dikenalkan sejak dini secara efektif dan menyenangkan.
APE Kreatif Jadi Andalan Mahasiswa Kenalkan Konsep Matematika Sejak Dini
Dalam praktik yang berlangsung kemarin, kreativitas mahasiswa menjadi sorotan utama. Aneka Alat Permainan Edukatif (APE) hasil rancangan mahasiswa dipresentasikan dengan berbagai konsep menarik. Misalnya, alat timbang sederhana untuk mengenalkan konsep berat.
Setiap APE dirancang berdasarkan aspek perkembangan anak, mulai dari kemampuan kognitif hingga motorik halus. Mahasiswa juga mempertimbangkan unsur keselamatan dan daya tarik visual agar anak annak tertarik dan terlibat aktif dalam proses belajar.
Simulasi Pembelajaran Latih Keterampilan Mahasiswa sebagai Calon Pendidik PAUD
Selain mempresentasikan media yang dirancang, mahasiswa juga melakukan simulasi pembelajaran secara langsung. Dalam sesi ini, mereka berperan sebagai guru dan menyampaikan materi dengan pendekatan yang komunikatif dan menyenangkan.
Kegiatan ini bukan hanya melatih kreativitas, tetapi juga menjadi sarana mahasiswa mengasah kemampuan mengajar secara langsung di depan rekan rekannya. Penggunaan APE dalam praktik mengajar ini menjadi bukti bahwa media pembelajaran yang sederhana namun tepat guna mampu membuat konsep matematika menjadi lebih mudah dipahami anak anak.
Editor: Mutafarida