pembelajaran

Pembelajaran Berbasis Sentra Dorong Kreativitas dan Perkembangan Anak Usia Dini

paud.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Luluk Iffatur Rocmah SS MPd, dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengungkapkan bahwa model pembelajaran berbasis sentra mampu mendorong kreativitas dan perkembangan anak secara optimal.

Pembelajaran berbasis sentra adalah pendekatan yang menempatkan anak sebagai pusat aktivitas, dengan mengintegrasikan berbagai area kegiatan seperti sentra balok, sentra seni, sentra bahan alam, dan sentra bermain peran. Dalam penelitian ini, Dr Luluk menegaskan bahwa metode ini memberikan ruang luas bagi anak untuk mengeksplorasi minat, mengembangkan keterampilan sosial, dan melatih kemandirian.

“Kami melihat bahwa anak lebih antusias, fokus, dan berani mencoba hal-hal baru ketika mereka terlibat langsung dalam aktivitas di sentra-sentra pembelajaran,” jelas Dr Luluk.

Metode Penelitian dan Hasil Penerapan Pembelajaran Sentra

pembelajaran

Penelitian dilakukan di salah satu lembaga PAUD di Kabupaten Sidoarjo dengan melibatkan 20 anak usia 4–5 tahun. Proses pembelajaran dibagi ke dalam beberapa sentra, masing-masing dengan tema yang dirancang sesuai tahap perkembangan anak. Setiap sentra menyediakan alat dan bahan yang dapat diakses langsung oleh anak, sehingga mereka bebas berkreasi dan belajar melalui pengalaman nyata.

Observasi dilakukan untuk mengukur perkembangan aspek kognitif, bahasa, motorik, sosial-emosional, serta kreativitas anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan anak untuk memecahkan masalah sederhana, berkomunikasi lebih lancar, serta menunjukkan ide-ide kreatif dalam kegiatan menggambar, membangun balok, atau bermain peran.

Dr Luluk menjelaskan bahwa keterlibatan aktif guru sebagai fasilitator menjadi kunci keberhasilan pembelajaran ini. Guru tidak hanya memberikan instruksi, tetapi juga mendampingi, memberikan stimulasi pertanyaan, dan memotivasi anak untuk mencoba tantangan baru di setiap sentra.

Dampak Positif dan Rekomendasi untuk Lembaga PAUD

Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis sentra memberikan dampak positif pada perkembangan anak usia dini. Selain meningkatkan kreativitas, metode ini juga melatih kemampuan kerja sama, rasa percaya diri, serta keterampilan motorik halus dan kasar. Anak-anak menjadi lebih mandiri dalam menyelesaikan tugas, mampu mengatur waktu bermain, dan berani mengemukakan pendapat di depan teman-teman mereka.

Dr Luluk merekomendasikan agar lembaga PAUD mengadopsi model pembelajaran ini secara berkelanjutan. Untuk mendukung penerapan yang efektif, diperlukan pelatihan guru terkait desain kegiatan sentra, pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif, serta strategi pendampingan yang mendorong eksplorasi anak.

“Dengan memberikan kebebasan yang terarah, kita tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan hidup anak sejak dini,” pungkasnya.

Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi praktisi PAUD dan pembuat kebijakan pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kreatif, relevan, dan menyenangkan.

 

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

TK Islam Al-Faqih
TK Islam Al-Faqih Tumbuhkan Karakter Anak Lewat Seni, Ibadah, dan Aktivitas Fisik
October 7, 2025By
PLP II
Program PLP II Mahasiswa PGPAUD Umsida di TK Aisyiyah 1 Candi Jadi Sarana Mengasah Kompetensi
October 3, 2025By
Permainan Konstruktif
Permainan Konstruktif Asah Kognitif dan Kreativitas Anak TK Aisyiyah Sambiroto
September 30, 2025By
disiplin
Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini di Umsida: Menghindari Kekerasan, Meningkatkan Kesadaran Diri
September 26, 2025By
Efektivitas Model Flipped Classroom dalam Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran di Umsida
September 23, 2025By
lulusan pg-paud
Profil Lulusan PG-PAUD Umsida: Siapkan Guru dan Pengembang Pendidikan Anak Usia Dini
September 19, 2025By
Prodi PGPAUD
Prodi PGPAUD Umsida Siapkan Pendidik Anak Usia Dini Profesional Berkarakter Islami
September 16, 2025By
pgpaud
Prodi PGPAUD Umsida, Begini Sejarah dan Perkembangan!
September 12, 2025By

Prestasi

putri
Putri Az-Zahra, Mahasiswa PGPAUD Raih Juara di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 5, 2025By
Wisudawan Berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 5, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGPAUD Umsida Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Malang Champions 5 2025
July 29, 2025By
wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By