pembelajaran

Pembelajaran Berbasis Sentra Dorong Kreativitas dan Perkembangan Anak Usia Dini

paud.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Luluk Iffatur Rocmah SS MPd, dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengungkapkan bahwa model pembelajaran berbasis sentra mampu mendorong kreativitas dan perkembangan anak secara optimal.

Pembelajaran berbasis sentra adalah pendekatan yang menempatkan anak sebagai pusat aktivitas, dengan mengintegrasikan berbagai area kegiatan seperti sentra balok, sentra seni, sentra bahan alam, dan sentra bermain peran. Dalam penelitian ini, Dr Luluk menegaskan bahwa metode ini memberikan ruang luas bagi anak untuk mengeksplorasi minat, mengembangkan keterampilan sosial, dan melatih kemandirian.

“Kami melihat bahwa anak lebih antusias, fokus, dan berani mencoba hal-hal baru ketika mereka terlibat langsung dalam aktivitas di sentra-sentra pembelajaran,” jelas Dr Luluk.

Metode Penelitian dan Hasil Penerapan Pembelajaran Sentra

pembelajaran

Penelitian dilakukan di salah satu lembaga PAUD di Kabupaten Sidoarjo dengan melibatkan 20 anak usia 4–5 tahun. Proses pembelajaran dibagi ke dalam beberapa sentra, masing-masing dengan tema yang dirancang sesuai tahap perkembangan anak. Setiap sentra menyediakan alat dan bahan yang dapat diakses langsung oleh anak, sehingga mereka bebas berkreasi dan belajar melalui pengalaman nyata.

Observasi dilakukan untuk mengukur perkembangan aspek kognitif, bahasa, motorik, sosial-emosional, serta kreativitas anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan anak untuk memecahkan masalah sederhana, berkomunikasi lebih lancar, serta menunjukkan ide-ide kreatif dalam kegiatan menggambar, membangun balok, atau bermain peran.

Dr Luluk menjelaskan bahwa keterlibatan aktif guru sebagai fasilitator menjadi kunci keberhasilan pembelajaran ini. Guru tidak hanya memberikan instruksi, tetapi juga mendampingi, memberikan stimulasi pertanyaan, dan memotivasi anak untuk mencoba tantangan baru di setiap sentra.

Dampak Positif dan Rekomendasi untuk Lembaga PAUD

Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis sentra memberikan dampak positif pada perkembangan anak usia dini. Selain meningkatkan kreativitas, metode ini juga melatih kemampuan kerja sama, rasa percaya diri, serta keterampilan motorik halus dan kasar. Anak-anak menjadi lebih mandiri dalam menyelesaikan tugas, mampu mengatur waktu bermain, dan berani mengemukakan pendapat di depan teman-teman mereka.

Dr Luluk merekomendasikan agar lembaga PAUD mengadopsi model pembelajaran ini secara berkelanjutan. Untuk mendukung penerapan yang efektif, diperlukan pelatihan guru terkait desain kegiatan sentra, pemanfaatan media pembelajaran yang kreatif, serta strategi pendampingan yang mendorong eksplorasi anak.

“Dengan memberikan kebebasan yang terarah, kita tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan hidup anak sejak dini,” pungkasnya.

Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi praktisi PAUD dan pembuat kebijakan pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kreatif, relevan, dan menyenangkan.

 

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Pembelajaran Berdiferensiasi
Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini
August 8, 2025By
Wisudawan Berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 5, 2025By
pgpaud
Harmonisasi PGPAUD Umsida: Bangun Jiwa Kepemimpinan, Rawat Solidaritas, Ciptakan Kreativitas Menuju HIMA yang Berseri
August 1, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGPAUD Umsida Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Malang Champions 5 2025
July 29, 2025By
Motorik Halus
Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Bermain Pasir Ajaib di KB Permata Sunnah Sidoarjo
July 25, 2025By
pembelajaran fiqih
Implementasi Mind Mapping pada Pembelajaran Fiqih Berbasis Kurikulum Timur Tengah di MBS A.R. Fachruddin Yogyakarta
July 22, 2025By
pelatihan guru
Inovasi Pelatihan Guru untuk Meningkatkan Pendidikan Inklusi di Sekolah
July 18, 2025By
PAUD
Pendampingan Pos PAUD Tingkatkan Kualitas Pembelajaran dan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini
July 15, 2025By

Prestasi

Wisudawan Berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 5, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGPAUD Umsida Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Malang Champions 5 2025
July 29, 2025By
wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By