anak

Penerapan Disiplin pada Anak Usia Dini: Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa

paud.umsida.ac.id – Peran guru dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini mendapat perhatian melalui sebuah penelitian yang dipimpin oleh Evie Destiana SSn MPd, dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian ini mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh guru untuk menumbuhkan disiplin pada anak-anak dan tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut.

Apa yang Dibahas dalam Penelitian Ini?

Penelitian ini berfokus pada peran penting guru dalam membentuk sikap disiplin pada anak usia dini. Disiplin dalam pendidikan anak usia dini dianggap sangat penting karena membantu anak-anak beradaptasi dengan aturan dan norma yang menjadi dasar perkembangan pribadi dan sosial mereka. Menurut Evie Destiana, “Disiplin lebih dari sekadar mengikuti aturan; ini adalah tentang mengembangkan kebiasaan yang akan memandu anak-anak dalam kehidupan mereka di masa depan.” Penelitian ini menekankan bahwa disiplin harus diperkenalkan sejak dini dan dikembangkan melalui kebiasaan yang konsisten.

Evie Destiana menambahkan, “Penelitian ini penting karena menunjukkan bahwa guru bukan hanya pendidik, tetapi juga pembimbing dan teladan yang memiliki dampak langsung pada perilaku anak-anak, terutama dalam hal disiplin.”

Temuan Utama: Peran Guru dalam Menanamkan Disiplin

anak

Penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru sangat beragam, mencakup berbagai strategi untuk menanamkan disiplin pada anak-anak. Beberapa metode kunci yang ditemukan antara lain:

  1. Perilaku Teladan: Guru harus menjadi teladan dengan menerapkan perilaku disiplin sendiri, seperti datang tepat waktu, berbicara dengan sopan, dan terorganisir. Evie menekankan, “Anak-anak belajar lebih banyak melalui pengamatan daripada instruksi, jadi sebagai guru, perilaku kita harus sejalan dengan nilai-nilai yang ingin kita ajarkan.”
  2. Habituasi: Guru membentuk disiplin dengan menciptakan rutinitas dan kebiasaan yang konsisten. Di TK ABA 1 Candi Sidoarjo, misalnya, anak-anak dibiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya, dan berdoa sebelum memulai pelajaran. “Tindakan-tindakan kecil ini sangat penting dalam membentuk pola pikir disiplin pada anak-anak,” ujar Evie.
  3. Penghargaan dan Hukuman: Penelitian ini juga menunjukkan bahwa guru menggunakan metode penghargaan dan hukuman untuk memperkuat perilaku disiplin. Penghargaan seperti pujian dan pengakuan atas perilaku yang baik mendorong anak-anak untuk mengulanginya, sementara teguran yang lembut membantu mereka memahami konsekuensi dari tindakan mereka.

Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan dalam menanamkan disiplin. Dinamika keluarga, khususnya kurangnya kerjasama dari orang tua, dapat menghambat kemajuan anak-anak dalam menyesuaikan diri dengan disiplin di sekolah. “Disiplin harus menjadi upaya bersama antara guru dan orang tua,” kata Evie. Ia juga menyarankan agar disiplin dapat efektif, itu harus diperkuat secara konsisten baik di rumah maupun di sekolah.

Bagaimana Penelitian Ini Dilakukan?

Penelitian ini, yang dilakukan oleh Evie Destiana dan rekan-rekannya, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data utama. Penelitian ini dilakukan di TK ABA 1 Candi Sidoarjo, melibatkan 68 siswa, guru-guru mereka, dan kepala sekolah.

Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles & Huberman. Temuan-temuan tersebut kemudian dikategorikan untuk mengidentifikasi strategi-strategi guru, hambatan-hambatan yang dihadapi, serta dukungan yang diperlukan dari lingkungan sekolah dan keluarga.

Implikasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan. Evie menyimpulkan, “Guru memiliki peran penting dalam menanamkan disiplin pada anak-anak, namun upaya mereka perlu didukung oleh kolaborasi yang kuat dengan orang tua. Disiplin adalah pelajaran seumur hidup yang dimulai dengan tindakan-tindakan kecil.”

Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah memprioritaskan penciptaan lingkungan yang positif dan mendukung yang memperkuat disiplin dan agar guru terus menjadi teladan dalam perilaku disiplin. Selain itu, melibatkan orang tua dalam proses menanamkan disiplin di rumah sangat penting untuk keberhasilan upaya ini.

Penelitian Evie menyoroti pentingnya disiplin sebagai fondasi untuk perilaku dan kesuksesan anak-anak di masa depan, menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini bukan hanya tentang pembelajaran akademik tetapi juga tentang pengembangan karakter.

 

Penulis : Mutafarida

Bertita Terkini

kemampuan
Peningkatan Kemampuan Mengingat Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Menggunakan Media Spinning Wheel Game
February 19, 2025By
paud
Pentingnya PAUD dalam Mengoptimalkan Potensi Anak Sejak Dini
February 5, 2025By
wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
metode
Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Usap Abur
January 21, 2025By
pg-paud
Kolaborasi PG-PAUD dan PGSD Umsida Ciptakan Kemeriahan Lomba Seni Tari Nusantara Anak TK
January 17, 2025By
paud
PG PAUD Umsida Gelar Lomba APE Bertema “Eco Adventure” untuk Edukasi Lingkungan
January 7, 2025By
lkmm
LKMM-TM Mewujudkan Jiwa Kepemimpinan yang Intelektual, Bermoral, dan Bertanggung jawab”
December 27, 2024By
pelatihan
Pelatihan Flipped Classroom dan Media Poster untuk Guru PAUD Sidoarjo
December 24, 2024By

Prestasi

wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By
Kecintaan Permainan Tradisional Membawa PG PAUD UMSIDA raih Kejuaraan Tari
December 16, 2020By
Kreasi Membawa Prestasi, Mahakarya “Tari Rajungan” berjaya di dua Kompetisi
October 1, 2019By