Pembelajaran Berdiferensiasi

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini

paud.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Dr Luluk Iffatur Rocmah SS MPd, dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bersama timnya, mengungkap bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan perkembangan anak usia dini secara signifikan.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang menyesuaikan metode, materi, dan media pembelajaran berdasarkan kebutuhan, minat, dan gaya belajar masing-masing anak. Dr. Luluk menegaskan bahwa anak-anak memiliki keunikan yang harus diakomodasi dalam proses belajar. “Guru tidak bisa menyamaratakan metode belajar untuk semua anak. Setiap anak memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda,” ujarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi pembelajaran yang tepat agar setiap anak dapat berkembang optimal. Pendekatan ini dinilai sejalan dengan prinsip pendidikan anak usia dini yang berpusat pada anak (child-centered learning) dan menghargai keberagaman.

Langkah-Langkah Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di PAUD

Pembelajaran Berdiferensiasi

Penelitian ini dilaksanakan di salah satu lembaga PAUD di Sidoarjo dengan melibatkan guru dan siswa berusia 4–6 tahun. Guru diberikan pelatihan terlebih dahulu mengenai konsep pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

Proses pembelajaran dirancang melalui tiga pendekatan utama:

  1. Diferensiasi Konten – Materi disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak, misalnya anak yang sudah mengenal huruf diberikan tantangan membaca sederhana, sementara yang belum dikenalkan melalui permainan fonetik.
  2. Diferensiasi Proses – Guru memvariasikan metode, seperti belajar melalui lagu, permainan peran, eksperimen sederhana, atau aktivitas motorik halus.
  3. Diferensiasi Produk – Anak diberi kebebasan mengekspresikan hasil belajar, baik dalam bentuk gambar, cerita, atau demonstrasi.

Selama pembelajaran, guru menggunakan observasi dan catatan perkembangan untuk menilai kemajuan masing-masing anak. Pendekatan ini mendorong interaksi yang lebih intensif antara guru dan anak, sekaligus menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa anak lebih antusias dan terlibat aktif dalam kegiatan. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan motorik dibandingkan sebelum penerapan metode ini.

Dampak Positif dan Rekomendasi untuk Guru PAUD

Data penelitian memperlihatkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan motivasi belajar anak, memperkuat rasa percaya diri, dan membantu mereka mencapai kompetensi sesuai tahap perkembangannya. Guru juga merasa terbantu karena pendekatan ini membuat proses pembelajaran lebih terarah dan efektif.

Dr. Luluk menegaskan pentingnya guru PAUD memahami bahwa setiap anak memiliki jalur belajar yang berbeda. “Dengan pembelajaran berdiferensiasi, guru dapat mengoptimalkan potensi anak secara individual tanpa mengabaikan kebutuhan kelompok,” jelasnya.

Penelitian ini merekomendasikan agar lembaga PAUD mengadopsi strategi pembelajaran berdiferensiasi secara berkelanjutan. Selain itu, pelatihan bagi guru harus menjadi prioritas agar mereka mampu merancang pembelajaran yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan anak.

Dengan penerapan yang tepat, pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi solusi dalam menciptakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas, inklusif, dan mampu mempersiapkan anak menghadapi tantangan masa depan.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

TK Islam Al-Faqih
TK Islam Al-Faqih Tumbuhkan Karakter Anak Lewat Seni, Ibadah, dan Aktivitas Fisik
October 7, 2025By
PLP II
Program PLP II Mahasiswa PGPAUD Umsida di TK Aisyiyah 1 Candi Jadi Sarana Mengasah Kompetensi
October 3, 2025By
Permainan Konstruktif
Permainan Konstruktif Asah Kognitif dan Kreativitas Anak TK Aisyiyah Sambiroto
September 30, 2025By
disiplin
Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini di Umsida: Menghindari Kekerasan, Meningkatkan Kesadaran Diri
September 26, 2025By
Efektivitas Model Flipped Classroom dalam Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran di Umsida
September 23, 2025By
lulusan pg-paud
Profil Lulusan PG-PAUD Umsida: Siapkan Guru dan Pengembang Pendidikan Anak Usia Dini
September 19, 2025By
Prodi PGPAUD
Prodi PGPAUD Umsida Siapkan Pendidik Anak Usia Dini Profesional Berkarakter Islami
September 16, 2025By
pgpaud
Prodi PGPAUD Umsida, Begini Sejarah dan Perkembangan!
September 12, 2025By

Prestasi

putri
Putri Az-Zahra, Mahasiswa PGPAUD Raih Juara di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 5, 2025By
Wisudawan Berprestasi
Yuniar Rifti Nurfadhila, Wisudawan Berprestasi yang Menginspirasi dengan Dedikasi dan Manajemen Waktu yang Efektif
August 5, 2025By
mahasiswa
Mahasiswa PGPAUD Umsida Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Pencak Silat IPSI Malang Champions 5 2025
July 29, 2025By
wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By