ice breaking anak

Kemampaun Sosial Anak Menurun? Pakai 7 Cara Ini

Paud.umsida.ac.id – Kemampuan sosial Anak Usia Dini (AUD) merupakan aspek penting yang sering kali kurang mendapatkan perhatian dalam pendidikan awal. Padahal, kemampuan ini memainkan peran krusial dalam perkembangan keseluruhan.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal Pedagogia oleh Choirun Nisak Aulina, bermain peran terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial AUD. Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan metode ini dalam pendidikan anak usia dini:

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

1. Pilih Tema yang Relevan dan Menarik

Untuk memastikan bahwa kegiatan bermain peran menarik dan bermanfaat, pilihlah tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Tema-tema seperti menjadi dokter, guru, atau keluarga sering kali dapat memicu imajinasi dan membuat mereka lebih bersemangat untuk berpartisipasi. Pastikan tema tersebut sesuai dengan usia dan minat mereka agar mereka lebih terlibat dalam permainan.

2. Fasilitasi Lingkungan yang Mendukung

Sediakan lingkungan yang kondusif untuk bermain peran dengan alat dan bahan yang mendukung, seperti kostum, mainan, dan ruang yang cukup.

Lingkungan yang mendukung akan memudahkan mereka dalam menjalankan peran mereka dan meningkatkan efektivitas permainan. Misalnya, ruang kelas dapat diubah menjadi “rumah sakit” dengan menambahkan alat-alat medis mainan.

3. Ajak Anak Berkolaborasi dalam Menentukan Peran
Sumber: Pixels

Libatkan anak dalam proses pemilihan peran dan perencanaan permainan. Dengan memberikan anak kesempatan untuk memilih dan merencanakan peran mereka sendiri, anda membantu mereka merasa lebih berinvestasi dalam kegiatan tersebut.

Diskusikan bersama mengenai peran apa yang mereka minati dan bagaimana mereka akan melakukannya, sehingga mereka merasa lebih bersemangat dan terlibat.

4. Dorong Interaksi Sosial dan Empati

Selama bermain peran, dorong anak untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka dan mengembangkan empati. Misalnya, jika mereka bermain sebagai dokter, ajak mereka untuk berbicara dengan “pasien” dan mencoba memahami bagaimana rasanya menjadi orang lain.

Aktivitas ini tidak hanya membantu mereka berlatih komunikasi, tetapi juga memahami perspektif orang lain.

5. Berikan Umpan Balik Positif dan Konstruktif

Setelah sesi bermain peran, berikan umpan balik yang positif dan konstruktif kepada anak. Apresiasi usaha mereka dalam berperan dan diskusikan apa yang mereka pelajari dari pengalaman tersebut.

Umpan balik ini tidak hanya memotivasi, tetapi juga membantu mereka memahami bagaimana mereka dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka.

6. Integrasikan Bermain Peran dalam Kegiatan Sehari-hari
Sumber: Pixels

Usahakan untuk mengintegrasikan elemen bermain peran dalam kegiatan sehari-hari di kelas. Misalnya, selama kegiatan kelompok, beri mereka kesempatan untuk mengambil peran tertentu dalam kelompok seperti “pemimpin” atau “pembantu”. Ini membantu mereka mempraktikkan keterampilan sosial dalam berbagai situasi.

Baca juga: Studium General PBI Umsida, Tekankan Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Pendidik

7. Evaluasi dan Sesuaikan Metode Secara Berkala

Lakukan evaluasi secara berkala mengenai efektivitas metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial. Tanyakan kepadanya tentang pengalaman mereka dan observasi interaksi mereka selama bermain. Sesuaikan metode sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak agar mereka tetap terstimulasi dan termotivasi.

Metode bermain peran merupakan alat yang efektif untuk mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini, seperti empati, komunikasi, dan interaksi sosial.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari bermain peran dalam pendidikan anak usia dini dan membantu mereka tumbuh menjadi individu yang lebih sosial dan terampil. Selamat mencoba!

Sumber: Pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial anak usia dini

Penulis: Aisyah Windy

Bertita Terkini

Pentas seni
Perpisahan dan Pentas Seni KB/TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Wonoayu: Momen Spesial Anak-anak dan Mahasiswa MBKM UMSIDA
June 24, 2025By
APE
APE Kreatif Anak Aktif Mahasiswa PG PAUD Umsida Gali Potensi Lewat Praktik Lapangan
June 20, 2025By
PAUD
Mahasiswa PG PAUD Umsida Tampilkan Kreativitas dalam Pengembangan Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini
June 16, 2025By
bermain peran
Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun 
June 13, 2025By
Desain E-Learning
Penerapan Desain E-Learning Konstruktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Anak Usia Dini
June 10, 2025By
flipped classroom
Flipped Classroom Tingkatkan Lingkungan Belajar Menyenangkan di Sekolah Dasar
June 3, 2025By
lomba mewarnai
Lomba Mewarnai FPIP EduFair 2025: Wadah Kreativitas Anak dan Semangat Pendidikan di Sidoarjo
May 27, 2025By
himpaudi jatim
Kerja Sama Strategis HIMPAUDI Jatim dan Umsida untuk Penguatan Kualifikasi Guru PAUD
May 23, 2025By

Prestasi

wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By
Kecintaan Permainan Tradisional Membawa PG PAUD UMSIDA raih Kejuaraan Tari
December 16, 2020By
Kreasi Membawa Prestasi, Mahakarya “Tari Rajungan” berjaya di dua Kompetisi
October 1, 2019By