Intip Antusiasme Guru IGABA Sidoarjo Dalam Pelatihan Tim Abdimas Umsida

Paud.umsida.ac.id – Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, beberapa dosen dan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberikan pelatihan kepada Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Sidoarjo terkait dengan poster pembelajaran bagi peserta didik penyandang disabilitas.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat yang didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikbud).

Ini merupakan sebuah bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim abdimas (Umsida) untuk memberikan kontribusi positiif terhadap pendidikan di lingkungan sekitarnya.

Adapun tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam kegiatan ini adalah Dr Ida Rindaningsih MPd, Dr Luluk Iffatur Rochmah SS MPd, Ika Ratna Indra Astutik S Kom MT, Warda Awaliyah, Gitsa Zahrotun Nisa’, dan Vilary Aldino Egrea.

Kegiatan pertama yaitu Diklat Pendidikan Inklusi Bagi Guru Aisyiyah dengan tema “Akomodasi Yang Layak Bagi Peserta Didik Penyandang Disabilitas”, kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu (21/08/2024) bertempat di Aula Nyai Waidah, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

Antusiasme tinggi dapat dilihat dari keikutsertaan 60 Sekolah Aisyiyah.

Baca juga: Antusiasme Guru IGABA Sidoarjo Dalam Pelatihan Tim Abdimas Umsida

Pelatihan Guru Hari Pertama

Beberapa rangkaian kegiatannya yang dilakukan, mulai dari Kebijakan Pendidikan Inklusif di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo yang dibawakan oleh Dr Tirto Adi MPd.

Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yaitu akomodasi yang layak bagi peserta didik penyandang disabilitas yang dibawakan oleh  Nisrina Hamidah MPsi Psikolog.

Tak hanya itu saja, pada materi ketiga, Alfie Syarifah MPsi Psikolog membahas tentang peserta didik penyandang disabilitas dan identifikasi.

Dalam pemaparan materi ini, Alfie membahas mengenai RPP dan PPI dalam sekolah, sharing tentang pengetahuan mengenai pendidikan inklusi, dan cara menghadapi peserta didik penyandang disabilitas.

Dan Materi yang terakhir adalah membahas tentang pembelajaran kelas balik. Pada sesi ini Dr Ida Rindaningsih MPdI dan Dr Luluk Iffatur Rochma, melakukan pemaparan materi , pendampingan, serta pembuatan poster pembelajaran melalui Canva.

Dalam sesi ini para peserta diberikan tugas untuk dapat merancang sebuah poster sekaligus penggunaan poster dalam pembelajaran di sekolah.

Baca juga: Dosen PG PAUD Berhasil Kembangkan Metode WBT dan Raih S3

Pelatihan Guru Hari Kedua

Kemudian hari kedua dari agenda ini dilaksanakan di Aula Mas Mansyur Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada Jum’at (13/09/2024).

Pada hari kedua ini Dr Vendyah Trisnaningtyas MPd memaparkan materi mengenai penjelasan tentang media pembelajaran ABK.

Menurut Dr Vendyah, materi ini dapat menjadi cara bagi guru untuk lebih mengetahui serta dapat menyediakan media yang sesuai untuk para peserta didik penyandang disabilitas.

Untuk materi kedua adalah penyampaian terkait bidang jurnalistik, yang di bawakan oleh Dr Dian Rahma Santoso Kasi Humas Umsida dengan judul “Mudah Menulis Berita”.

Pada sesi materi ini peserta yang terdiri dari beberapa perwakilan Sekolah tersebut, diberikan tugas untuk membuat suatu berita, yang nantinya akan di review oleh petugas yang bersangkutan.

Dr Dian tidak sendiri, beliau menggandeng 2 rekan timnya yakni Romadhona Syafiti SIkom dan Rani Syahda Hanifa SPd.

Pada pertemuan hari ini semua guru IGABA sangat antusias, hal itu dibuktikan dengan adanya 5 sekolah yang memperoleh artikel berita terbaik.

Beberap diantaranya adalah TK ABA Sepanjang Tani, TK ABA 5 Candi, TK ABA 5 Pepelegi, TK ABA 4 Pondok Jati, dan  TK ABA Balongbendo.

Kemudian kegiatan ditutup dengan serah terima media poster dan foto bersama dengan tim ABDIMAS, pimpinan serta seluruh guru IGABA Sidoarjo.

Adanya kegiatan ini tentu menjadi wadah bagi para guru untuk lebih mendalami ilmu terkait pendidikan inklusi, pembuatan poster yang simple dan menarik bagi anak, serta meningkatkan kompetensi para guru dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran.

Penulis : Gitsa Zahrotun Nisa’

Editor: Aisyah Windy