Kunjungan Prodi PG.PAUD Universitas Mulia ke Prodi PG.PAUD Umsida

paud.umsida.ac.id – Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG. PAUD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, menyambut baik kedatangan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG.PAUD) Universitas Mulia dalam rangka Benchmarking di Ruang Rapat FPIP, GKB 7, Kampus 3 Umsida.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, join publikasi, prestasi mahasiswa, tata kelola prodi, dan laboratorium.

Sebagai Program Studi Unggul di kampus yang Unggul, Prodi PG.PAUD Umsida dipercaya oleh Prodi PG.PAUD Univeristas Mulia untuk menjadi tujuan Benchmarking atau Studi Banding.

Kegiatan ini diikuti oleh Dr Septi Budi Sartika M Pd selaku Dekan FPIP dan Dr Luluk Iffatur Rocmah S S M Pd selaku Kaprodi Pg.PAUD sebagai perwakilan dari Prodi PG.PAUD Umsida. Sedangkan perwakilan yang hadir mewakili Prodi PG.PAUD Universitas Mulia adalah Ibu Vicy M Pd, Ibu Sri Purwanti M Pd dan Ibu Norlaila M Pd.

Keunggulan Prodi PG.PAUD Umsida 

Dr Iffah selaku Kaprodi PG.PAUD menjelaskan mengenai kurikulum yang digunakan dalam perkuliahan. Saat ini, Kurikulum Program Sudi PG.PAUD dirancang berdasarkan kurikulum OBE (Outcome Based Education). Kurikulum OBE merupakan sistem pendidikan yang menekankan pada apa yang dapat mahasiswa lakukan dengan baik di akhir pengalaman belajar mereka. Kurikulum dirancang agar dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk adaptif terhadap perkembangan zaman yang menuntut dikuasainya literasi numerasi, literasi sains, literasi iptek, dan literasi budaya.

Dr Iffah juga menjelaskan mengenai tahapan yang dilakukan dalam proses validasi RPS yang telah disusun oleh masing-masing dosen pengampu mata kuliah. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai penggunaan fasilitas laboratorium yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran yang ada di PG.PAUD.

Harapan yang Ingin Dicapai

Dr Septi selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) menyampaikan harapan mengenai keberlanjutan dari kegiatan hari ini. “Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini. kerjasama kedua pihak tidak berhenti sampai di sini saja, namun juga ada keberlanjutan yaitu join riset dan publikasi antar dosen, pertukaran mahasiswa, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan pandangan implementasi kerja sama tersebut tentu akan memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak”, ucap Dr Septi.

Dengan diadakannya kegiatan Benchmarking ini, semoga kedua pihak dapat menarik kebermanfaatan yang sebanyak-banyaknya sehingga tujuan yang diharapkan akan dengan mudah tercapai.

 

Penulis: Ainin Djauharoh