kartaca

Karpet Ular Tangga Baca (Kartaca), Pembelajaran Inovatif yang Berdampak Positif

paud.umsida.ac.id – Kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam tahap perkembangan anak usia dini. Sebagai bagian dari masa emas pertumbuhan, anak-anak membutuhkan metode pembelajaran yang inovatif untuk mendukung kemampuan literasi mereka.

Penelitian terbaru yang dilakukan di TK Muslimat NU 151 Darussalam Sugihwaras oleh Choirun Nisak Aulina dan Lutfiyah Sausan dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun menggunakan media Karpet Ular Tangga Baca (Kartaca).

Media ini tidak hanya inovatif tetapi juga menggabungkan elemen bermain dan belajar, memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak-anak.

Langkah Sistematis dalam Pembelajaran

Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan pendekatan Kemmis dan McTaggart. Peneliti melibatkan 16 anak dari kelompok B di TK Muslimat NU. Penelitian berlangsung dalam tiga siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan.

Media Kartaca dirancang sebagai permainan ular tangga yang dimodifikasi, mengintegrasikan elemen pembelajaran seperti huruf vokal dan kartu kata. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Tahap pertama adalah perencanaan dengan menyiapkan media pembelajaran dan materi ajar. Tahap kedua, pelaksanaan, melibatkan interaksi aktif antara anak-anak dan media Kartaca.

Selanjutnya, peneliti melakukan observasi untuk mengevaluasi keterlibatan anak-anak dan mencatat peningkatan kemampuan mereka. Akhirnya, pada tahap refleksi, peneliti mengevaluasi efektivitas metode dan memperbaikinya untuk siklus berikutnya.

Kartaca Berdampak Secara Signifikan

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca yang signifikan. Pada pra-siklus, tingkat keberhasilan hanya mencapai 44,92%. Setelah pelaksanaan siklus pertama, tingkat keberhasilan meningkat menjadi 58,59%.

Kemudian pada siklus kedua, tingkat keberhasilan mencapai 82,03%, menunjukkan efektivitas media Kartaca dalam meningkatkan kemampuan membaca anak.

Keberhasilan ini dikaitkan dengan desain media yang menarik dan interaktif, memungkinkan anak-anak untuk belajar sambil bermain.

Media Kartaca juga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kognitif, sosial, dan emosional, yang semuanya berkontribusi pada keberhasilan pembelajaran.

Pembelajaran Inovatif yang Berdampak Positif

Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pendidikan anak usia dini dengan menunjukkan bahwa media kreatif seperti Kartaca dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi anak dalam pembelajaran. Anak-anak tidak hanya belajar mengenal huruf dan kata tetapi juga mengembangkan keterampilan berinteraksi dengan teman-teman mereka melalui permainan.

Sebagai rekomendasi, media Kartaca dapat diimplementasikan secara lebih luas di berbagai lembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian ini juga membuka peluang untuk pengembangan media pembelajaran lain yang mengintegrasikan elemen bermain dan belajar, menciptakan pengalaman pendidikan yang lebih efektif dan menyenangkan.

Harapan di Masa Mendatang

Penelitian ini didukung oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan TK Muslimat NU 151 Darussalam Sugihwaras. Peneliti berharap bahwa media seperti Kartaca dapat terus dikembangkan untuk membantu anak-anak mencapai potensi penuh mereka dalam pembelajaran.

Dengan hasil yang menjanjikan ini, media Kartaca membuktikan bahwa pendekatan inovatif dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif yang signifikan, baik dalam aspek akademik maupun sosial anak-anak. Sebagai langkah ke depan, integrasi teknologi dan pendekatan kreatif dalam pendidikan anak usia dini menjadi kunci untuk menciptakan generasi yang lebih cerdas dan kompetitif.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

Motorik
Pelatihan Guru PG-PAUD: Optimasi Kemampuan Motorik Anak Melalui Permainan
December 3, 2024By
Tari
Mempererat Persaudaraan Mahasiswa Umsida dan Malaya Melalui Lomba Tari Tradisional
November 29, 2024By
 Ice Breaking, Cara Seru Tingkatkan Konsentrasi Anak di Kelas
November 12, 2024By
Pelantikan Hima PG-PAUD Periode 2024/2025
Pelantikan HIMA PG-PAUD Periode 2024/2025: Bersatu untuk Kemajuan Akademik dan Sosial Mahasiswa
November 5, 2024By
Kunjungan Prodi PG.PAUD Universitas Mulia ke Prodi PG.PAUD Umsida
October 16, 2024By
Pengenalan Prodi PG PAUD di Fortama Umsida 2024
September 29, 2024By
Fortama FPIP: Kesan Maba PG PAUD Umsida
September 26, 2024By
Harmonisasi Hima PAUD Umsida, Bangun Solidaritas
September 18, 2024By

Prestasi

Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By
Kecintaan Permainan Tradisional Membawa PG PAUD UMSIDA raih Kejuaraan Tari
December 16, 2020By
Kreasi Membawa Prestasi, Mahakarya “Tari Rajungan” berjaya di dua Kompetisi
October 1, 2019By
Dalam Satu Panggung Seni, Umsida Raih Dua Juara
July 9, 2019By