paud.umsida.ac.id – Pembelajaran anak usia dini merupakan tahap yang sangat penting dalam perkembangan anak, terutama dalam mempelajari hal-hal dasar seperti huruf Hijaiyah. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Luluk Iffatur Rocmah MPd, selaku salah satu dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) dan mahasiswa PG PAUD Aulia Imroatus Sakdiyah, ditemukan bahwa penggunaan media Spinning Wheel Game dapat meningkatkan kemampuan mengingat huruf Hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Anak Saleh Tropodo, Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media pembelajaran dalam mengatasi tantangan mengingat huruf Hijaiyah bagi anak-anak usia dini.
Pentingnya Kemampuan Mengingat Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini
Pada usia dini, anak-anak mengalami perkembangan pesat, baik secara fisik, sosial, maupun kognitif. Salah satu kemampuan kognitif yang penting pada anak usia dini adalah kemampuan mengingat. Kemampuan ini menjadi dasar bagi pembelajaran selanjutnya, termasuk dalam pengenalan huruf Hijaiyah yang merupakan fondasi bagi pembelajaran Al-Qur’an. Namun, banyak anak yang mengalami kesulitan dalam mengingat huruf Hijaiyah karena materi yang dianggap kompleks dan tidak menarik.
Berdasarkan penelitian sebelumnya, kemampuan mengingat pada anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan media yang menarik dan interaktif. Salah satunya adalah media Spinning Wheel Game, yang dikembangkan dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus memperkuat daya ingat anak terhadap huruf Hijaiyah.
Desain Pre-Experimental untuk Menguji Pengaruh Media Spinning Wheel Game
Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest, di mana satu kelompok anak yang berjumlah 11 siswa TK-A di TK Anak Saleh Tropodo menjadi sampel penelitian. Sebelum penerapan media Spinning Wheel Game, dilakukan tes awal (pre-test) untuk mengukur kemampuan mengingat huruf Hijaiyah siswa. Setelah media diterapkan, siswa kembali diuji melalui tes akhir (post-test) untuk mengetahui perubahan yang terjadi.
Media Spinning Wheel Game digunakan untuk membuat pembelajaran huruf Hijaiyah lebih menarik. Dalam media ini, anak-anak diminta untuk memutar roda yang berisi huruf Hijaiyah dan menebak atau menyebutkan huruf yang ditunjuk oleh jarum roda. Dengan cara ini, anak-anak dapat mengingat huruf Hijaiyah melalui pengalaman bermain yang menyenangkan.
Peningkatan Signifikan Kemampuan Mengingat Huruf Hijaiyah
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Spinning Wheel Game secara signifikan meningkatkan kemampuan mengingat huruf Hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan uji t-paired samples, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pre-test siswa sebelum menggunakan media Spinning Wheel Game adalah 39,36, sementara rata-rata nilai post-test setelah penerapan media tersebut meningkat menjadi 54,82. Hal ini menunjukkan bahwa media Spinning Wheel Game efektif dalam membantu anak-anak mengingat huruf Hijaiyah dengan lebih baik.
Hasil uji statistik menunjukkan nilai t = 7,946 (p < 0,000), yang mengindikasikan bahwa penerapan media ini memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kemampuan mengingat huruf Hijaiyah anak-anak di TK Anak Saleh Tropodo.
Penggunaan Media Spinning Wheel Game untuk Pembelajaran Anak Usia Dini
Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Spinning Wheel Game memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan mengingat huruf Hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun. Dengan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil tes, media ini terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran anak usia dini, khususnya dalam mengenalkan huruf Hijaiyah. Selain itu, penggunaan media yang menyenangkan dan interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar anak, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan berkesan.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar media Spinning Wheel Game dapat diterapkan di berbagai sekolah PAUD lainnya untuk menguji efektivitasnya pada berbagai kelompok anak dan berbagai konteks pembelajaran. Dengan memperluas penggunaan media ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih luas terhadap kemampuan anak dalam mengingat huruf Hijaiyah dan pembelajaran Al-Qur’an secara umum.
Penulis: Mutafarida