Desain E-Learning

Penerapan Desain E-Learning Konstruktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Anak Usia Dini

paud.umsida.ac.id — Penelitian yang dilakukan oleh Arifin Mado, dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi PG PAUD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bersama rekannya, bertujuan untuk mengembangkan dan menguji penerapan desain e-learning konstruktif dalam meningkatkan hasil belajar pada pendidikan olahraga anak usia dini. Melalui pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan kerangka ADDIE, desain e-learning konstruktif ini diimplementasikan di lingkungan pembelajaran siswa untuk mengoptimalkan interaksi aktif antara siswa, materi pembelajaran, dan pengajar.

Pentingnya Desain E-Learning Konstruktif dalam Pendidikan Olahraga Anak Usia Dini

Desain E-Learning

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah paradigma pendidikan, termasuk dalam pendidikan olahraga anak usia dini. E-learning menjadi alternatif penting dalam proses pembelajaran, terutama di era digital saat ini. Desain e-learning konstruktif menekankan pada peran aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka melalui interaksi dengan materi pembelajaran, pengajar, dan teman sekelas. Dengan menggunakan teknologi digital, pendekatan ini memungkinkan pengalaman belajar yang lebih berpusat pada siswa, di mana mereka dapat berkolaborasi, berdiskusi, dan menciptakan pemahaman bersama mengenai materi yang dipelajari.

Implementasi dan Manfaat Desain E-Learning Konstruktif untuk Siswa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain e-learning konstruktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Siswa lebih terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep melalui partisipasi aktif. Selain itu, bekerja sama dengan teman-teman sekelas membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama yang sangat penting baik di dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari. Desain e-learning konstruktif tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajar mandiri dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Kontribusi Penelitian terhadap Pengembangan Pembelajaran Olahraga Anak Usia Dini

Desain E-Learning

Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pembelajaran olahraga anak usia dini, terutama melalui penggunaan e-learning yang berbasis pada prinsip konstruktivisme. Melalui desain yang melibatkan interaksi, kolaborasi, dan refleksi, e-learning konstruktif terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang materi ajar yang lebih inovatif dan efektif, serta membantu pengembangan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital. Diharapkan, temuan ini dapat memberikan sumbangan signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan olahraga anak usia dini di Indonesia.

Dengan pendekatan ini, desain e-learning konstruktif dapat menjadi langkah strategis untuk mengoptimalkan hasil belajar di bidang pendidikan olahraga anak usia dini, memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh, dan mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan kritis.

 

Penulis: Mutafarida

Bertita Terkini

APE
APE Kreatif Anak Aktif Mahasiswa PG PAUD Umsida Gali Potensi Lewat Praktik Lapangan
June 20, 2025By
PAUD
Mahasiswa PG PAUD Umsida Tampilkan Kreativitas dalam Pengembangan Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini
June 16, 2025By
bermain peran
Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun 
June 13, 2025By
flipped classroom
Flipped Classroom Tingkatkan Lingkungan Belajar Menyenangkan di Sekolah Dasar
June 3, 2025By
lomba mewarnai
Lomba Mewarnai FPIP EduFair 2025: Wadah Kreativitas Anak dan Semangat Pendidikan di Sidoarjo
May 27, 2025By
himpaudi jatim
Kerja Sama Strategis HIMPAUDI Jatim dan Umsida untuk Penguatan Kualifikasi Guru PAUD
May 23, 2025By
paud
Pelatihan In-House: Dosen PG PAUD Umsida Latih Guru PAUD Ciptakan Pembelajaran Islami dengan Cerita Al-Qur’an dan Hadits
May 16, 2025By
Pop Up Book
Pop Up Book Tingkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia Dini
May 9, 2025By

Prestasi

wijaba
Lolos WIJABA Internship Program 2025, Mahasiswa PG-PAUD Berharap Bisa Ikut Berkontribusi dalam Pendidikan Digital
January 24, 2025By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
March 5, 2024By
PG PAUD UMSIDA SLEPET JUARA 1 LOMBA TARI SE PTMA
January 17, 2024By
Mahasiswi PG-PAUD FPIP UMSIDA Meraih Juara 1 dan 3 Lomba Puisi Dalam Rangka Porseni IGABA 2021
January 31, 2023By
PG PAUD Umsida meraih Juara Lomba Drama Teatrikal Solutif Covid 19 Tingkat Nasional Hima Prodi Kebidanan Magelang Tahun 2021
January 31, 2022By
Tim Tari PG PAUD Umsida yang berhasil meraih Juara 1 Lomba Tari Kreasi GEMPITA 2021
January 31, 2022By
Kecintaan Permainan Tradisional Membawa PG PAUD UMSIDA raih Kejuaraan Tari
December 16, 2020By
Kreasi Membawa Prestasi, Mahakarya “Tari Rajungan” berjaya di dua Kompetisi
October 1, 2019By